OPTIMALISASI TEMPAT TIDUR MENGGUNAKAN MODEL SISTEM DINAMIK DI RUMAH SAKIT ZAINAL ABIDIN KOTA BANDA ACEH

Zurnila Marli Kesuma, Edy Fradinata, Aida Fitri

Abstract


Sistem dinamik dapat digunakan untuk sistem yang kompleks. Model sistem dinamik menyediakan cara untuk memahami bagaimana penyebab perilaku suatu sistem, mendeteksi perubahan dari waktu ke waktu dan penentuan faktor-faktor yang meramalkan perilaku secara signifikan. Model sistem dinamik juga memungkinkan dalam penentuan skenario yang masuk akal sebagai masukan untuk keputusan dan kebijakan suatu sistem. Pelayanan rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) memiliki 710 tempat tidur yang didistribusikan ke beberapa ruangan. Dalam prakteknya, pasien lebih memilih dirawat di rumah sakit swasta daripada RSUDZA, dikarenakan lamanya menunggu sampai mendapat tempat tidur untuk rawat inap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengoptimalisasi pemakaian tempat tidur rawat inap di RSUDZA dengan menggunakan metode sistem dinamik. Berdasarkan perilaku suatu sistem, diramalkan jumlah pasien dengan tempat tidur dan membuat beberapa skenario sebagai alternatif kebijakan untuk rumah sakit.. Data yang digunakan yaitu data bulanan jumlah pasien dengan tempat tidur yang berjumlah 16 bulan dari bulan Januari tahun 2018 sampai bulan April tahun 2019 yang diperoleh dari RSUDZA Banda Aceh. Data diolah dan dianalisis menggunakan software Vensim PLE versi 6.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua ruangan dengan jumlah kapasitas tempat tidur belum optimal, yaitu ruang Aqsha dan Raudhah. Hasil peramalan jumlah pasien dengan tempat tidur rawat inap ruang Aqsha dan Raudhah, diperoleh bahwa jumlah pasien dengan tempat tidur cenderung menurun dari waktu ke waktu. Pada skenario pengoptimalan tempat tidur di ruangan Aqsha, diperoleh bahwa skenario 3 merupakan skenario terbaik dengan menurunkan laju pasien yang mendaftar rawat inap sebesar 10%, dengan nilai MAPE yang diperoleh sebesar 4,3%. Selanjutnya, skenario pengoptimalan tempat tidur di ruangan Raudhah, diperoleh bahwa skenario 4 merupakan skenario terbaik dengan menurunkan laju pasien yang mendaftar rawat inap sebesar 15%, dengan nilai MAPE yang diperoleh sebesar 6,34%


Keywords


Sistem, Dinamik, Tempat Tidur, Kapasitas, Pasien, Rumah Sakit Zainal Abidin

Full Text:

PDF

References


Axella, O., & Suryani, E. (2012). Aplikasi Model Sistem Dinamik Untuk Menganalisis Permintaan Dan Listrik Sektor Industri (Studi Kasus: Jawa Timur). Institut Teknologi

Sepuluh Nopember, Surabaya.

Dengerfield, B. (2014). System Hingking And System Dynamics: A Primer. In S. Brailsford, L. Churilov, & B. Dangerfield Menagement Desicion Making. Wiley & Sons, United Kingdom: John.

Dinas Kesehatan Aceh. (2015). Profil Kesehatan Aceh, Dinas Kesehatan Aceh, Banda Aceh.

Fradinata, E., Suthummanon, S., & Suntiamorntut, W. (2015). Forecasting determinant of cement demand in Indonesia with artificial neural network. Journal of Asian Scientific

Research. 5(7): 373.

Fradinata, E., Suthummanon, S., & Suntiamorntut, W. (2018). Initial optimal parameters of artificial neural network and support vector regression. International Journal of Electrical and Computer Engineering. 8(5): 3341.

Handayani, S.F. (2018). Sistem Pelayanan Prima Bagi Masyarakat Kurang Mampu Pada Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin Banda Aceh.Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh.

Kelton, W., Sadowski, R., & Sadowski, D. (2007). Simulation with Arena, McGraw-Hill. New York.

Kesuma, Z. M., & Rahayu, L. (2017). Identifikasi status gizi pada remaja di kota Banda Aceh. STATISTIKA: Journal of Theoretical Statistics and Its Applications. 17(2): 63-69.

Moran, A. (2007). Study of the influence of goal alignment on multi-organizational projects: A system dynamics approach. Oklahoma State University.

Sapiri, H., Zulkepli Hew, J., Ahmad, N., Zainal Abidin, N., & Hawari, N. N. (2017). Introduction to system dynamic modelling and vensim software: UUM Press.

Sterman, J. (2000). Instructor's Manual to Accompany Business Dyanmics: Systems Thinking and Modeling for a Complex World: McGraw-Hill.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/sm.v3i1.7859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zurnila Marli Kesuma, Edy Fradinata, Aida Fitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Statmat Unpam: Jurnal Statistika dan Matematika Unpam

Publisher: Universitas Pamulang
Website: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/sm/index
Official Email: sm@unpam.ac.id
Address: Gedung unpam III lantai 7
Jl. Raya Puspiptek, Buaran, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.